Ilmu Populer banyak yang membaca

Selasa, 04 November 2014

Central Wisata Gerabah Kabupaten Probolinggo

Pusat Wisata Interpreneur
oleh : SUNARDIYANTO.S.Com
 Berawal dari memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Besuk Kecamatan Besuk kabupaten probolinggo, telah berubah menjadi desa wisata gerabah karena hasil kerajinannya yang bagus dan berkualitas tinggi.
kegigihan dari seorang pemuda untuk terus mengembangkan kerajinan gerabah ini telah menemukan titik terang, produk gerabah tersebut sekarang tidak hanya laku dipasar lokal probolinggo tetapi juga sudah merambah ke pasar luar kota. salah satu pasar besar disurabaya bahkan 9 kota di Jawa Timur merupakan pasar penjualannya.jadi tidak heran bila tiap 1 minggu ada 3-5 truk dan pic up keluar masuk dari sana untuk mengambil barang jadi didesa tersebut.
apresiasi dari pihak pemerintah juga telah ditunjukkan dengan program desa besuk Kidul sebagai bibit pusat wisata gerabah untuk daerah kabupaten probolinggo, banyak kalangan telah melirik desa ini untuk dikembangkan karena potensinya yang sangat menjanjikan.apa lagi 5km s/d 10 km dari desa tersebut begitu banyak tempat wisata alam. sehingga banyak teman-teman akademisi kampus berdatangan untuk membuat sekripsi dan penelitian,  bahu membahu mereka akhirnya senang dan siap membantu untuk mengembangkan tingkat ekonomi yang lebih sempurna. sehingga teman-teman berencana dan siap membuat buku tentang pembuatan gerabah dan keramik. dan mengangkat sejarah gerabah Besuk Kabupaten Probolinggo. karena di Kecamatan Besuk ada 3 Desa yang berprofesi sebagai pengrajin gerabah kurang lebih ada 600 Ibu-ibu rumah tangga. namn saat ini desa Besuk Kidul Kec. Besuk yang terus berjuang dan berusaha untuk menjadi Produk unggulan di pelopori oleh seorang pemuda yang merupakan motivator.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar